Minggu, 15 Februari 2009

STP

SEKOLAH TINGGI PERIKANAN
Jl. AUP PO Box 7239/PSM
Pasar Minggu, Jakarta 12520

Sekolah Tinggi Perikanan adalah sebuah pendidikan tinggi kedinasan dalam bidang perikanan dibawah Departemen Kelautan dan Perikanan. Sekolah Tinggi Perikanan awalnya bernama Akademi Usaha Perikanan yang didirikan oleh Departemen Pertanian pada tanggal 7 September 1962 di Jakarta. Kampus utama terletak di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lokasi tersebut berjarak sekitar 30 kilometer dari Teluk Jakarta. Pada mulanya tempat pendidikan tersebut direncanakan di daerah Ancol, Jakarta Utara, tetapi rencana tersebut tertunda-tunda, sampai dengan saat berdirinya Akademi Usaha Perikanan di daerah Pasar Minggu, dekat dengan Departemen Pertanian.

Tanggal 7 September 1962 yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal berdirinya AUP, dengan direktur pertama adalah Dr. Rustam Singgih. Akademi Usaha Perikanan pada waktu itu hanya menyelenggarakan satu program studi Teknologi Penangkapan Ikan. Sampai pada tahun 1975, Akademi Usaha Perikanan menyelenggarakan tiga program studi. Penyelenggaraan program studi baru dirancang untuk mendukung kebijakan pemerintah.

Selaras dengan lajunya pembangunan, Diklat AUP statusnya ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Perikanan (STP) berdasarkan Keppres No. 27 tahun 1993 tanggal 18 Maret 1993 yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan program pendidikan keahlian di bidang perikanan (D4) dengan jumlah jurusan sebanyak 3 buah jurusan yaitu : TPI, TPS dan TPH. Sedangkan pada tahun 2004 Jurusan pada Sekolah Tinggi Perikanan yang semula ada 3 jurusan bertambah menjadi 4 jurusan dengan masuknya jurusan. Penyuluhan perikanan yang berada di Cikaret Bogor.

Sekarang ini Sekolah Tinggi Perikanan menyelenggarakan enam program studi, yaitu Teknologi Penangkapan Ikan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Permesinan Perikanan, Teknologi Akuakultur, Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan dan Penyuluhan Perikanan.
Dengan semakin banyaknya alumni lulusan STP dan tuntutan jaman ke arah profesionalisme, maka pada tahun 2009 akan dibuka Program Pasca sarjana jurusan Bisnis Manajemen Perikanan.
Sistem Pendidikan
1. Sistem Kredit Semester
2. Disiplin fisik dan mental ditepkan dalam Sistem Semi Militer
3. Diploma IV diselesaikan dalam waktu empat tahun
4. Kegiatan perkuliahan diselenggarakan dalam tiga metode:
• praktek laboratorium
• praktek lapangan
• praktek kerja lapangan
5. Penulisan skripsi sebagai tugas akhir diwajibkan
6. Evaluasi:
• test tengah semester
• test akhir semester
• test akhir/komprehensif

keterangan lebih lanjut www.dkp.go.id

0 komentar:

Template by - Abdul Munir